Pages - Menu

Senin, 08 Juni 2015

Contoh Bentuk Jobsheet Rigging 3DsMax kelas XI Multimedia


Hey.. Mas bro ,, ini adalah post gue yg pertama... Gue mau ngepost tentang bagaimana bentuk jobsheet Rigging 3DsMax untuk kelas XI SMK Multimedia.. 
Cobalah cermati berikut ini...






Mulitimedia

SMK N 2 YOGYAKARTA

Judul :
Rigging
No Jobsheet :    02
Semester Genap
Nama :
Kompetensi Dasar:
3.6 Memahami konsep rigging
      pada karakter 3 dimensi
4.6 Menyajikan hasil pemberian rigging pada model karakter 3 dimensi
Instruktur :
Arif Eka Prasetya, S.Pd.T
Sundardi, S.Pd.
Tanggal :


A.     TUJUAN


1)      Mampu memahami pengertian rigging
2)      Mampu melakukan pembuatan rigging

B.      ALAT DAN BAHAN


1)      1 (Satu) unit komputer yang telah terinstal aplikasi 3DsMax
2)      Headset untuk mendengarkan video tutorial

C.      KESELAMATAN KERJA


1)      Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya.
2)      Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah ditentukan.

D.     LANGKAH KERJA


1)      Hidupkan komputer dengan menekan saklar pada komputer, jangan menghidupkan komputer dengan memasukkan colokan ke stop kontak ketika saklar dalam keadaan On.
2)      Jika komputer telah hidup, Jalankan aplikasi 3DsMax dan tunggulah hingga proses loading selesai.
3)      Bukalah materi dari e-book Sybex 3Ds Max at a Glance halaman 119, pahamilah dan cobalah menggunakan 3DsMax.
4)      Bukalah video tutorial dalam folder Jobsheet 7. Ikutilah petunjuk yang ada dalam video Intro to Rigging with Bones - 3DS Max Video Tutorial - YouTube.mp4 untuk mengetahui fungsi-fungsi menu dalam software 3DsMax yang akan kita gunakan untuk melakukan rigging menggunakan bones.
5)      Ikutilah petunjuk yang ada dalam video Skin dan Bones (Spanyol).mp4 untuk mengetahui fungsi-fungsi menu dalam software 3DsMax yang akan kita gunakan untuk melakukan rigging menggunakan biped.
6)      Jika anda telah selesai dengan video tersebut, silahkan buka video yang lain terutama rigging dengan biped.
7)      Mulailah mendesain karya anda dan jika mengalami kesulitan hendaklah bertanya.
8)      Berdoalah sebelum mendesain karya anda, semoga berhasil.

E.      KERJA PRAKTEK


1)      Buatlah modeling ulat seperti dalam tutorial Rigging Ulat.mp4 dan lakukanlah rigging terhadap model yang dibuat menggunakan bone!
2)      Buatlah modeling boneka seperti dalam tutorial dan lakukanlah rigging terhadap model yang dibuat menggunakan biped

F.       TES FORMATIF

1)      Apakah yang dimaksud dengan Rigging? Jelaskan dengan bahasamu sendiri!
2)      Apa yang dimaksud dengan Bones! Jelaskan juga fungsinya!
3)      Apa yang dimaksud dengan Biped! Jelaskan juga fungsinya!
4)      Jelaskan apa yang dimaksud dengan Modifier Skin!
5)      Jelaskan apa yang dimaksud dengan Edit Envelope!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar