Contoh Bentuk Jobsheet Rigging 3DsMax kelas XI Multimedia
Hey.. Mas bro ,, ini adalah post gue yg pertama... Gue mau ngepost tentang bagaimana bentuk jobsheet Rigging 3DsMax untuk kelas XI SMK Multimedia..
Cobalah cermati berikut ini...
MulitimediaSMK N 2 YOGYAKARTA |
Judul :
Rigging
|
No Jobsheet : 02
Semester Genap
|
Nama :
|
||
Kompetensi Dasar:
3.6 Memahami konsep
rigging
pada karakter 3 dimensi
4.6 Menyajikan
hasil pemberian rigging pada model karakter 3 dimensi
|
Instruktur :
Arif Eka Prasetya, S.Pd.T
Sundardi, S.Pd.
|
Tanggal :
|
A. TUJUAN
1)
Mampu memahami pengertian
rigging
2)
Mampu melakukan pembuatan
rigging
B. ALAT DAN BAHAN
1)
1 (Satu) unit komputer yang telah terinstal
aplikasi 3DsMax
2)
Headset untuk mendengarkan video tutorial
C. KESELAMATAN KERJA
1)
Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya.
2)
Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk
yang telah ditentukan.
D. LANGKAH KERJA
1)
Hidupkan komputer dengan menekan saklar pada
komputer, jangan menghidupkan komputer dengan memasukkan colokan ke stop kontak
ketika saklar dalam keadaan On.
2)
Jika komputer telah hidup, Jalankan aplikasi 3DsMax dan tunggulah hingga proses loading
selesai.
3)
Bukalah materi dari e-book Sybex
3Ds Max at a Glance halaman 119, pahamilah dan cobalah menggunakan 3DsMax.
4)
Bukalah
video tutorial dalam folder Jobsheet 7. Ikutilah petunjuk yang ada
dalam video Intro to Rigging with Bones
- 3DS Max Video Tutorial - YouTube.mp4 untuk mengetahui
fungsi-fungsi menu dalam software 3DsMax yang akan kita gunakan untuk melakukan
rigging menggunakan bones.
5)
Ikutilah petunjuk yang ada dalam video Skin dan Bones (Spanyol).mp4 untuk
mengetahui fungsi-fungsi menu dalam software 3DsMax yang akan kita gunakan
untuk melakukan rigging menggunakan biped.
6)
Jika anda telah selesai
dengan video tersebut, silahkan buka video yang lain terutama rigging dengan
biped.
7)
Mulailah mendesain karya anda dan jika mengalami
kesulitan hendaklah bertanya.
8)
Berdoalah sebelum mendesain karya anda, semoga
berhasil.
E. KERJA PRAKTEK
1)
Buatlah modeling ulat seperti
dalam tutorial Rigging Ulat.mp4 dan lakukanlah rigging terhadap model yang
dibuat menggunakan bone!
2)
Buatlah modeling boneka
seperti dalam tutorial dan lakukanlah rigging terhadap model yang dibuat
menggunakan biped
F. TES FORMATIF
1) Apakah yang dimaksud dengan Rigging? Jelaskan dengan
bahasamu sendiri!
2) Apa yang dimaksud dengan Bones! Jelaskan juga
fungsinya!
3) Apa yang dimaksud dengan Biped! Jelaskan juga
fungsinya!
4)
Jelaskan apa yang dimaksud
dengan Modifier Skin!
5)
Jelaskan apa yang dimaksud dengan Edit Envelope!

Tidak ada komentar:
Posting Komentar